Rabu, 09 Oktober 2013

pengaruh teknologi komunikasi terhadap kebudayaan

pengaruh teknologi komunikasi terhadap kebudayaan
      Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari. bangsa Indonesia harus mempersiapkan diri untuk pengaruh teknologi komunikasi terhadap seluruh aspek kebudayaan kehidupan bangsa. Karena perkembangan teknologi saat ini begitu luar biasa terutama yang berhubungan dengan telekomunikasi dan informasi. teknologi yang ada diciptakan  dengan tujuan untuk membantu dan memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, baik pada saat manusia bekerja, beraktivitas, bahkan berkomunikasi. Hal positif dari teknologi komunikasi misalnya menandakan bahwa teknologi di Indonesia mulai berkembang dan meningkatkan produktivitas. Tetapi tidak berarti teknologi komunikasi tidak menimbulkan persoalan. Teknologi dapat membentuk individu bagaimana cara berpikir, berperilaku dalam masyarakat dan teknologi tersebut akhirnya mengarahkan manusia untuk bergerak. Kemajuan teknologi komunikasi juga senantiasa membawa pengaruh sosial dan budaya terhadap kehidupan manusia. perubahan pada cara berkomunikasi akan membentuk cara berpikir, berperilaku, dan bergerak terhadap teknologi selanjutnya di dalam kehidupan manusia.  Peralatan komunikasi yang dibentuk oleh manusia, pada akhirnya malah akan mempengaruhi kehidupan manusia itu sendiri.
       Teknologi komunikasi dapat mempengaruhi aspek sosial dan budaya suatu kelompok masyarakat seperti dunia maya. jika seseorang sudah merasa terlalu asyik dengan teknologi seperti di dunia maya. Orang itu akan menghabiskan waktunya selama berjam-jam karena hanya berinteraksi dengan seorang teman atau kenalan yang ada di dunia maya itu. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sekarang memberikan pengaruh tersendiri pada budaya di Indonesia. Saat ini, ketika teknologi semakin maju, akan memunculkan masalah terhadap kebudayaan-kebudayaan daerah yang ada di bangsa ini. Kebudayaan daerah akan semakin lenyap sebab masyarakatnya itu sendiri yang melupakan atau tidak mengembangkan budaya yang ada. Bisa saja kebudayaan Indonesia direbut kembali oleh bangsa lain karena ulah dari masyarakatnya sendiri . 
       pengaruh lain dari perkembangan teknologi yang cukup pesat ini dikhawatirkan berdampak buruk terhadap perilaku kehidupan bermasyarakat. Hal ini dikarenakan, perubahan cepat dalam teknologi informasi telah merubah budaya sebagian besar masyarakat indonesia, kemajuan teknologi secara sadar ataupun tidak sadar telah banyak mengubah pola kehidupan masyarakat. perubahan teknologi komunikasi ini memiliki beberapa dampak terhadap kehidupan masyarakat. Walaupun memang perubahan ini memiliki beberapa dampak positif dan juga negatif. Memang dengan berkembangnya teknologi ini kita bisa belajar hal-hal positif seperti mencari informasi yang ada dan kita butuhkan. tetapi perkembangan teknologi komunikasi juga memiliki dampak negatif 

Dampak Kemajuan Teknologi yang mempengaruhi Budaya asli Bangsa
Majunya Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah hal yang tidak bisa kita hindari, hal tersebut akan semakin berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Memang perkembangan TIK sangatlah di perlukan, namun apabila masyarakat Indonesia tidak mampu memfilter perkembangan dunia TIK maka lambat laun bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang cenderung konsumtif. Adapun pengaruh negatif yang ditimbulkan oleh kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadpa masyarakat Indonesia yakni Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar yang dapat menyebabkan miskin dalam rohani.
  • Budaya Indonesia yang dulunya ramah-tamah, gotong royong dan sopan telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial. Akibatnya kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret, pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan
  • Maraknya pergaulan bebas di kalangan remaja,seperti banyaknya remaja yang melakukan seks di luar nikah,
  • Bergantinya kebiasaan remaja,contohnya remaja di jaman sekarang ini lebih suka berdiam diri di depan computer untuk mermain game atau lebih suka berdiam berjam – jam hanya untuk sekedar sharing di social media di bandingkan untuk memainkan permainan tradisional.
  • Penggunaan dialek bahasa Indonesia yang tidak benar dan terkadang mereka mencampur adukan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam satu kalimat,dan yang terparahnya lagi para remaja jaman sekarang telah menciptakan sendiri Bahasa yang berevolusi dari Bahasa Indonesia di berbagai sosial media yang biasa disebut Bahasa Alay, sangat menggelikan.
Dengan adanya media sosial seperti Facebook, Twitter, Blackberry Messenger (Aplikasi dari SmartPhone Blackberry) . Jika dilihat dari luar memang tujuannya bagus yaitu untuk bersosialisasi, akan tetapi hal ini yang menjadikan dunia ini seperti perkampungan kecil karna tidak perlu bertemu banyak orang untuk berteman dengan banyak orang.

 Dampak Positif dan negatif
Semua pasti setuju akan manfaat yang didapat dari adanya teknologi. Teknologi sendiri adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Keberadaan teknologi ini sangat berpengaruh pada segala aspek kehidupan kita, termasuk dalam aspek komunikasi.
            Seperti yang kita ketahui, komunikasi tidak akan bisa lepas dari segi-segi kehidupan. Seorang manusia tidak akan survive tanpa adanya komunikasi dengan yang lainnya karena kita pasti membutuhkan bantuan dari orang lain dan tidak dapat hidup sendiri. Oleh karenanya dibutuhkan komunikasi yang baik antar sesama. Dan melalui komunikasi ini sekelompok individu dapat membentuk sebuah cara berkehidupan, dalam arti, manusia mampu berkomunikasi (menciptakan bahasa simbolik) yang dapat mengembangkan suatu pengetahuan, makna, simbol, nilai-nilai, aturan dan tata upacara yang memberikan batasan dan bentuk pada hubungan-hubungan yang kemudian  terciptalah suatu kebudayaan.
            Lalu apa hubungan teknologi, komunikasi, dan kebudayaan?
        Kebudayaan terbentuk karena masyarakat terkait saling berkomunikasi dan menciptakan suatu kebiasaan, adat, cara berkehidupan yang mereka rasa cocok. Untuk memudahkan proses tersebut, maka dibutuhkanlah teknologi yang mendukung, khususnya pada teknologi komunikasi.
Kini, seiring bertambahnya waktu, perkembangan teknologi komunikasi juga semakin maju. Terciptanya inovasi-inovasi baru dalam bidang ini membuat kita menjadi lebih mudah dalam bersosialisasi. Tidak mustahil bagi kita untuk berkomunikasi secara jarak jauh seperti ke luar negeri bahkan sampai luar angkasa, karena jarak tidaklah menjadi batas dalam era sekarang ini. Terbukti dengan adanya peralatan teknologi yang semakin canggih, sebagai contoh: telepon genggam, yang sampai saat ini tidak berhenti berevolusi menjadi sesuatu yang tidak hanya sekedar untuk telepon. Hampir semua gadget ini pasti memiliki layanan internet yang membuat kita dapat mencari informasi yang kita butuhkan dan tentu saja kepraktisannya untuk berkomunikasi, seperti melalui email, whatsapp, LINE, Facebook, Twitter, Skype dan sebagainya.


Berikut pengaruh positif teknologi komunikasi :
1. Mendekatkan hubungan kekerabatan antar sesama.
2. Memudahkan penyebaran dan memdapatkan informasi.
3. Membuat kehidupan lebih produktif, efektif, dan efisien.
4. Memajukan perkembangan suatu masyarakat karena komunikasi berjalan dengan lancar.
5. Dan dengan terciptanya teknologi komunikasi yang terus berkembang ini kita dapat mewariskan unsur-unsur kebudayaan dari satu generasi ke generasi berikutnya serta dari satu tempat ke tempat lain dengan mudah.

Oleh karena penggunaan teknologi komunikasi yang dapat menjadi pendorong untuk mewariskan suatu budaya, teknologi komunikasi juga memiliki dampak yang negatif  jika budaya yang diwariskan membawa pengaruh yang kurang baik.

Berikut contoh dampak negatif nya yaitu :
  1. Adanya penurunan rasa cinta terhadap budaya sendiri, misalnya saja banyak masyarakat Indonesia sekarang yang lebih bangga berbicara menggunakan bahasa asing ketimbang menggunakan bahasa Indonesia yang sebenarnya adalah salah satu identitas bangsa 
  2. Tak sedikit juga kalangan remaja yang lebih senang belajar budaya asing seperti tarian-tarian break dance, suffle dance, dan jenis tarian asing lainnya. 
  3. Tidak hanya itu saja, dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi ini apabila digunakan dengan tidak bijak juga akan mengakibatkan penurunan moral, karena seperti kita ketahui budaya timur sangat mengedepankan sopan santun dan tata krama, tetapi tidak seperti bangsa barat yang lebih mengutamakan kebebasan seperti gaya berpakaian yang kebarat-baratan dan terkesan kurang sopan untuk bangsa timur.
  4. Semakin menurunnya kepekaan masyarakat terhadap orang-orang yang ada disekitarnya. Dimana bila hal tersebut tidak segera ditanggulangi akan menimbulkan dampak yang sangat buruk, yang akan membuat seseorang lama kelamaan akan sangat individualis dan tidak akan ada lagi interaksi ataupun sosialisasi yang dilakukan di dunia nyata.
Dari hal-hal di atas membuktikan bagaimana teknologi komunikasi :
      1. Dapat menjadi Penetrasi Kebudayaan  
       Yang dimaksud dengan penetrasi kebudayaan adalah masuknya pengaruh suatu kebudayaan ke kebudayaan lainnya.
      2. Dapat melakukan Perubahan Budaya
     Perubahan budaya adalah sebuah gejala berubahnya struktur dan pola budaya dalam suatu masyarakat. Perubahan itu terjadi sesuai dengan hakikat dan sifat dasar manusia yang selalu ingin melakukan perubahan. Seiring dengan kemajuan teknologi, sebuah budaya dapat terpengaruh dan pada akhirnya terjadi perubahan budaya.

Kesimpulan 

Setinggi apapun kemajuan teknologi yang ditawarkan kepada kita akan tetapi kita salah menggunakannya tentu akan membuat hidup kita menjadi salah jalan, justru teknologi tersebut akan menyesatkan hidup kita sehingga nilai – nilai budaya hidup kita tidak lagi sesuai dengan yang kita harapkan, akhirnya ada yang harus dikorbankan dari kejadian tersebut.

Semuanya berpulang kembali kepada kita manusia sebagai makluk sosial, apakah teknologi yang sedemikian canggih ini dapat kita maksimalkan penggunaannya atau justru perkembangan teknologi yang menyeret kita pada hancurnya kebudayaan kita ? Hanya anda dan saya yang bisa menjawabnya. 
Jadi, sejauh mana teknologi komunikasi berpengaruh terhadap kebudayaan? 
Dengan adanya teknologi komunikasi selain dapat melestarikan dan mengembangkan suatu kebudayaan tetapi dapat juga menghancurkan kebudayaan tersebut.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi
               http://rizkisightbrother.wordpress.com
               http://kukusumama.blogspot.com
               http://qolilwicaksono12.wordpress.com 

Tidak ada komentar: